Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Mengenal Oxford United: Klub Marselino Ferdinan yang Mayoritas Sahamnya Dikuasai Orang Indonesia

Mengenal Oxford United: Klub Marselino Ferdinan yang Mayoritas Sahamnya Dikuasai Orang Indonesia

Akhirnya ada satu lagi pemain Timnas Indonesia yang merumput di Liga Inggris. Marselino Ferdinan resmi bergabung dengan Oxford United yang berkompetisi di Divisi Championship alias kasta kedua Inggris.

Oxford United merupakan klub yang saham mayoritasnya dimiliki oleh dua pengusaha Indonesia, yakni Anindya Bakrie yang baru-baru ini bertindak sebagai Chef-de-Mission Indonesia di Olimpiade 2024 dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Marselino tidak diikat dengan kontrak jangka panjang oleh Oxford United, juga tidak dengan kontrak jangka pendek. Gelandang Timnas Indonesia berumur 19 tahun ini menerima kontrak dua musim.

“Selamat yang sebesar-besarnya kepada Marselino Ferdinan atas penandatanganan kontrak dua tahun dengan Oxford United,” ujar agen Marselino, Dusan Bogdanovic.

Sejarah Oxford United

Oxford United merayakan sukses promosi ke Divisi Championship (c) Official X Oxford United/@OUFCOfficial

Oxford United bukanlah nama pertama yang dipakai klub anyar Marselino ini. Ketika didirikan pada Oktober 1893 atau 130 tahun silam, klub ini bernama Headington United. Nama Oxford United baru dipakai sejak 1960 silam.

Pada periode 80-an, Oxford sempat menjalani era puncak mereka dengan menjuarai Divisi Tiga di musim 1983/1984 dan kemudian langsung jadi kampiun Divisi Dua di musim berikutnya.

Oxford pun berhak promosi ke Divisi Satu atau kompetisi kasta tertinggi Inggris saat itu. Oxford sempat bolak-balik promosi dan degradasi sebelum akhirnya mereka mengalami krisis finansial di pertengahan dekade 90-an.

Oxford United sempat terjun bebas ke kompetisi semi-profesional sebelum akhirnya mampu kembali ke liga pro pada awal dekade 2010-an silam.

Anindya Bakrie dan Erick Thohir Selamatkan Oxford United

Pada 2018 lalu, Oxford United dibeli oleh pengusaha Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth. Saat itu Oxford United masih selalu berkutat di kompetisi League One.

September 2022 lalu, Anindya Bakrie dan Erick Thohir akhirnya resmi menjadi pemegang saham mayoritas Oxford United, tepatnya senilai 51 persen usai melakukan serangkaian pembelian dan transaksi.

Sementara itu, Sumrith Thanakarnjanasuth masih memiliki saham minoritas di klub tersebut. Ia juga menduduki dewan direksi bersama Horst Geicke dan Pairoj Piempongsant.

Oxford United Juara Play Off League One

Di bawah dukungan finansial dari Anindya dan Erick, Oxford United pun tampil luar biasa di musim 2023/2024 kemarin dengan sukses menembus final play off.

Dalam partai final play off League One di Wembley pada Mei 2024 lalu, Oxford sukses mengandaskan Bolton Wanderers dengan skor 2-0. Dua gol Oxford kala itu diborong oleh Joshua Murphy.

Berkat kemenangan ini, Oxford United pun berhak meraih satu tiket promosi menuju Championship. Ini adalah kali pertama Oxford United kembali ke Championship setelah 25 tahun absen.

Masa Depan Oxford United Bareng Marselino Ferdinan

Kini, menarik dinanti bagaimana kiprah Oxford United di Championship musim ini. Dengan hadirnya Marselino, maka perjalanan mereka akan semakin mendapat sorotan dari Indonesia.

Oxford sendiri sejauh ini sudah dua kali tampil di Championship musim 2024/2025. Oxford membuka kiprah mereka dengan apik lewat kemenangan 2-0 atas Norwich City.

Sayang, pada laga kedua ketika mereka bertandang ke markas Coventry City, Oxford United yang dilatih Des Buckingham harus menelan kekalahan dengan skor 2-3.

Sementara itu di pentas Carabao Cup, Oxford United sukses mengandaskan Peterborough United 2-0 di putaran pertama. Oxford pun berhak melaju ke putaran kedua untuk berhadapan dengan Coventry City pada 27 Agustus nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *